Kontributor

Dr. Eng, Arief Suryadi Satyawan, M.T.



Lahir dan dibesarkan di Bandung pada 1 Agustus 1973. Pendidikan formal yang telah dijalaninya cukup panjang, mulai dari diploma III bidang Teknik Telekomunikasi dari Politeknik ITB pada tahun 1996, Sarjana Teknik bidang Teknik Elektro dari Universitas Jenderal Achmad Yani pada tahun 2000, Magister Teknik bidang Teknik Elektro dari ITB pada tahun 2007, hingga Doktor bidang Ilmu Komputer dan Telekomunikasi dari Waseda University pada tahun 2019. Semenjak tahun 1994, peneliti yang sekarang menekuni bidang penelitian pengolahan sinyal multimedia ini, telah bergabung dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (saat ini melebur dalam Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN). Dalam hal kependidikan, sejak tahun 2011, yang bersangkutan juga telah mulai mengajar di Program Studi Teknik Elektro Universitas Nurtanio. Saat ini, ayah satu orang putra ini sedang melakukan penelitian yang bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom” serta “Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”. Penelitian yang digagasnya ini berlangsung dengan pendanaan dari LPDP. Pada pelaksanaannya penelitian ini juga bekerjasama dengan para peneliti dan mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Nurtanio


Ema, S.T., M.T.



Adalah seorang wanita mandiri, tangguh dan terdidik yang dilahirkan dikeluarga sederhana di Bandar Putih pada 22 Agustus 1980. Pendidikan formal yang telah ditempuh selain menyelesaikan pendidikan di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di Bandung, yang kemudian dilanjut menempuh pendidikan Diploma 3 (D-3) pada jurusan Listrik Pesawat, dilanjut menempuh Pendidikan Strata 1 (S-1) di Universitas Nurtanio Bandung. Pada tahun 2010 melanjutkan studi Pendidikan Magister Teknik di IT TELKOM yang saat ini namanya menjadi Universitas TELKOM. Sejak 2008 ibu dua putri ini telah bergabung menjadi staff dan pada tahun 2009 diangkat menjadi Ketua Program Studi Avionik Dan Listrik Pesawat serta dosen tetap yang mengajar dibidang Elektronika Dasar di Universitas Nurtanio Bandung. Selain itu, ibu dua putri ini pernah bekerja di AMO selama 6 tahun. Pada tahun 2019, ibu yang tangguh ini juga telah diangkat menjadi Wakil Dekan 1 di Fakultas Teknik hingga tahun 2021 dan saat ini telah dipercayai memegang jabatan Dekan Fakultas Teknik di Universitas Nurtanio Bandung. Saat ini, ibu dari dua orang putri ini sedang melakukan penelitian yang bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom” serta “Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”. Penelitian yang digagasnya ini berlangsung dengan pendanaan dari LPDP. Pada pelaksanaannya penelitian ini juga bekerjasama dengan para peneliti dan Mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Nurtanio.


Raden Aditya Satria Nugraha, S.T.



Lahir pada tanggal 19 April 1998 di kota hujan yaitu Bogor. Aditya adalah seorang pria yang berprinsip “lone wolf person” yang mana lebih suka mengerjakan pekerjaan secara sendirian dan lebih nyaman dengan suasana yang sunyi, menyukai bidang sains dan teknologi, serta lebih sering menghabiskan waktu di depan komputer. Telah menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SDN Panaragan 3 Bogor, dilanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama di SMPN 9 Bogor, dan Sekolah Menengah Akhir di SMAN 1 Ciomas Bogor. Kemudian melanjutkan perguruan tinggi di Universitas Nurtanio Bandung program studi Teknik Elektro dengan judul Tugas Akhir Pengembangan Software Aplikasi Pendeteksian Objek Berbasis LiDAR (Light Detection and Ranging) dan saat ini sedang mengusulkan paten. Setelah lulus masih melanjutkan riset bersama BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dalam bidang objek deteksi seperti LiDAR, kamera thermal, dan kamera conventional. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom” dan “Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”, yang didanai oleh LPDP.


Mohammed Ikrom Asysyakuur, S.T.



Adalah seorang laki yang dilahirkan dari sebuah keluarga sederhana di bilangan Ibukota Jakarta Pada 20 April 1998, Ikrom merupakan seorang yang aktif baik dalam organisasi formal maupun kemasyarakatan, Ikrom menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SDN Jatigintung II pada tahun 2010, dilanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertamanya di SMPN 1 Mauk di Kabupaten Tangerang pada tahun 2013, kemudian meneruskan Pendidikannya pada pondok pesantren SMA Al-Multazam di Wilayah Kuningan Jawa Barat pada tahun 2016. Setelah itu melanjutkan Pendidikannya tingginya pada Universitas Nurtanio dan berhasil menyelesaikan Pendidikan Strata 1-nya pada April 2021 dengan Judul Tugas Akhir Simulasi Sistem Pendeteksian Objek pada Pesawat dengan Menggunakan Teknologi SAR (Synthetic Aperture Radar)”, di samping itu Ikrom juga turut serta dalam melakukan penelitian yang dilakukan di Universitas Nurtanio yang bekerjasama dengan BRIN mendalami SAR, Pendeteksian Objek berbasis Kamera Thermal, dan juga mengikuti riset penerapan Teknologi Informasi untuk Sistem Transportasi Masa Depan. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom yang didanai oleh LPDP.


Achmadan Habibi, S.T.



Adalah seorang laki” yang dilahirkan dari sebuah keluarga sederhana di Provinsi Lampung pada 4 April 1998, Achmadan merupakan seorang yang aktif baik dalam organisasi formal maupun kemasyarakatan, Habibi menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 01 DWT Jaya pada tahun 2010, dilanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertamanya di SMPN 02 Banjar Agung di Kabupaten Tulang Bawang pada tahun 2013, kemudian meneruskan Pendidikannya di SMK Penerbangan Dharma Wirawan di Wilayah Sidoarjo pada tahun 2016. Setelah itu melanjutkan Pendidikannya tingginya pada Universitas Nurtanio dan berhasil menyelesaikan Pendidikan Strata 1-nya pada Agustus 2021 dengan Judul Tugas Akhir Perancangan dan Pembuatan Prototype Mobil Autonomous Berbasis Lidar, di samping itu Habibi juga turut serta dalam melakukan penelitian yang dilakukan di Universitas Nurtanio yang bekerjasama dengan BRIN (Badan Riset Dan Inovasi Nasional) mendalami LiDAR, Pendeteksian Objek Berbasis Kamera Thermal, dan juga mengikuti riset penerapan teknologi informasi untuk system transportasi masa depan. Kegiatan penelitian ini bertemakan “Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom,yang didanai oleh LPDP.


Chandra Himawan PA, S.T.



Lahir di Binjai Sumatera Utara pada hari Senin tanggal 4 Mei 1998. Merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Chandra tinggal di suatu kecamatan yang mana terdapat pabrik kertas terbesar di Indonesia yg bernama PT. IKPP Perawang. Kecamatan itu bernama kecamatan Tualang yang berada di Riau. Tualang merupakan tempat Chandra menghabiskan masa kecil hingga beranjak dewasa. Di kota ini Chandra mengenyam pendidikan mulai dari sekolah dasar, hingga Sekolah Menengah Kejuruan. 6 tahun Pendidikan di Sekolah Dasar di habiskan di SD YPPI Tualang. Kemudian lulus pada tahun 2010, dilanjutkan di SMP YPPI Tualang dan lulus pada tahun 2013. Setelah itu masih di Yayasan yang sama, Chandra melanjutkan sekolahnya di SMK YPPI Tualang dan kemudian lulus pada tahun 2016. Kemudian setelah lulus dari SMK YPPI, Chandra melanjutkan Pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung dan mengambil Program Studi Teknik Elektro, masuk di tahun 2016, Kemudian berhasil menyelesaikan pendidikannya pada bulan oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir "Sistem Pendeteksi Penggunaan Masker Menggunakan Alaxnet di Area Bandara". Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Muhammad Farhan Utamajaya, S.T.



Tempat lahir di Sidoarjo Jawa Timur pada tanggal 17 november 1997 dibesarkan dari keluarga berkecukupan dan sering berpindah-pindah tempat mengikuti ayahnya yang berdinas dari satu daerah ke daerah lain tinggal di sidoarjo selama 7 tahun atau sampai kelas 2 SD dan berpindah ke daerah kandis atau desa di salah satu daerah Kepulauan Riau, di Kepulauan Riau mengenyam bangku SD sampai dengan kelas 5 SD setelah itu menetap di Bandung dari kelas 6 SD di SDN Melong Mandiri 1, lalu di lanjutkan SMP di SMP Assalam Bandung jalan sasak gantung, lalu SMA di Angkasa Bandung jurusan IPA karna keluarga memiliki latar belakang di dunia penerbangan maka memutuskan untuk bersekolah mengambil Studi di Universitas Nurtanio Bandung dengan Jurusan Teknik Elektro dan telah menyelesaikan Pendidikan Strata 1-nya pada oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir Pengembangan Perangkat Lunak Pemroses Gambar 360 Untuk Aplikasi Surveillance Sistem Di Bandara di samping itu Farhan juga turut serta dalam melakukan penelitian yang dilakukan di Universitas Nurtanio yang bekerjasama dengan BRIN (Badan Riset Dan Inovasi Nasional) mendalami Kamera 360º, Image Processing yang kedepannya dapan di gunakan dalam berbagai kebutuhan terutama di bidang keamanan berbasis kamera. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Nafisun Nufus, S.T.



Adalah seorang perempuan yang dilahirkan dikeluarga sederhana di pulau madura pada 10 Desember 1996, Nufus merupakan seseorang yang menyukai apa yang dia kerjakan, Nufus adalah perempuan yang selalu ingin hidup mandiri dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Nufus menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SDN Jaddih 05 pada tahun 2007 dan melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan dan MTS nurul Hidayah hingga tahun 2013, Selanjutnya meneruskan Pendidikan Sekolah Menengah Akhir di MAN Bangkalan Madura hingga tahun 2016, Selanjutnya Nufus meneruskan Pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung pada jenjang Diploma (D-3) pada Program Studi Listrik Pesawat hingga Bulan Februari 2020 dan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 (S-1) pada Program Studi Teknik Elektro Pada Bulan Oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir Sistem Pendeteksi Pejalan Kaki Di Lingkungan Terbatas Berbasis SSD MobileNetV2 Menggunakan Gambar 360 Ternormalisasi”. Setelah lulus Nufus masih melanjutkan riset bersama BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dalam bidang Objek Deteksi seperti Pendeteksi pejalan kaki dengan Model Network yang berbeda menggunakan Kamera 360°. selain itu, Nufus bersyukur telah diangkat menjadi salah satu staf dari awal tahun 2021 di Universitas Nurtanio. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”,yang didanai oleh LPDP.


Ni Nyoman Ayu Marlina Santi, S.T.



Adalah seorang perempuan yang dilahirkan dari sebuah keluarga sederhana di pulau dewata Bali Pada 08 April 1998, Marlina merupakan seorang yang menyukai olahraga air, Marlina menyesesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 2 Lebih pada tahun 2010, Kemudian melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMPN 3 Gianyar di Kabupaten Gianyar pada tahun 2013, selanjutnya meneruskan Pendidikan Sekolah Menengah Akhir di SMAN 1 Gianyar di kabupaten Gianyar. Setelah menuntaskan wajib belajar selama 9 tahun, kemudian Marlina melanjutkan Pendidikan tingginya pada Universitas Nurtanio Bandung dan berhasil menyelesaikan Pendidikan Diploma 3 Avionika pada Mei 2020. Kemudian melanjutkan Pendidikan dengan menempuh Program ekstension Teknik Elektro dan berhasil menyelesaikan Pendidikan Strata 1-nya pada Oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir Sistem Pendeteksi Pejalan Kaki di Lingkungan Terbatas Berbasis SSD MobileNetV1 Menggunakan Gambar 360° Ternormalisasi. Setelah lulus Marlina masih melanjutkan riset bersama BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dalam bidang objek deteksi seperti pendeteksi pejalan kaki dengan model network yang berbeda menggunakan kamera 360. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom,yang didanai oleh LPDP.


Florianus Tes, S.T.



Adalah seorang laki-laki yang dilahirkan dikeluarga sederhana di desa motadik nusa tenggara timur pada 4 Mei 1998, Rian merupakan seorang yang menyukai sepak bola, Rian adalah laki-laki yang selalu ingin hidup mandiri dan dan ingin membanggakan kedua orang tua suatu saat nanti. Rian menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SDN Inpres Nonotbatan pada tahun 2010 dan melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMPN Biboki Anleu hingga tahun 2013, selanjutnya meneruskan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Penerbangan Singosari Malang hingga tahun 2016, selanjutnya Rian meneruskan Pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung pada jenjang Diploma (D-3) pada Program Studi Listrik pesawat hingga Bulan Juli 2020 dan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 (S-1) pada Program Studi Teknik Elektro Pada Bulan Oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir Sistem Deteksi Marka Dan Batas Jalan Berbasis Open-Cv Cascade Untuk Kendaraan Listrik Otonom Sederhana. Setelah lulus Rian masih melanjutkan riset bersama BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) dalam bidang deteksi Marka Dan Batas Jalan, dan juga mengikuti riset penerapan teknologi informasi untuk sistem transportasi masa depan. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom” dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Muhamad Fiki Pebrian, S.T.



Adalah seorang laki-laki yang dilahirkan dikeluarga sederhana di Kabupaten Bogor pada 03 Februari 1998, Fiki adalah laki-laki yang selalu bekerja dalam hal apapun, ingin hidup mandiri dan dapat bermanfaat bagi semua orang. Fiki menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SDN 1 Bojongrankas pada tahun 2010 dan melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Cibungbulang hingga tahun 2013, selanjutnya meneruskan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMKP Angkasa Bogor hingga tahun 2016, selanjutnya Fiki meneruskan Pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung pada jenjang Diploma (D-3) pada Program Studi Listrik pesawat hingga Bulan Juni 2020 dan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 (S-1) pada Program Studi Teknik Elektro Pada Bulan Oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir Sistem Pendeteksian dan Menghitung Slot Parkir Kendaraan di Parkiran Berbasis OpenCV Cascade. Kegiatan penelitian ini bertemakan “Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom” dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Muhammad Nanang Aziiz Nugroho, S.T.



Adalah seorang laki-laki yang dilahirkan dikeluarga sederhana di Ibukota Jakarta pada 22 Juli 1997, Nanang adalah laki-laki yang selalu bekerja dalam hal apapun, ingin hidup mandiri dan dapat bermanfaat bagi semua orang. Nanang menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SDN 2 Duren Sawit pada tahun 2009 dan melanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di SMPN 195 Jakarta hingga tahun 2012, selanjutnya meneruskan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMKP Kartika Aqasa Bhakti Semarang hingga tahun 2015, selanjutnya Nanang meneruskan Pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung pada jenjang Diploma (D-3) pada Program Studi Listrik pesawat hingga Bulan Juli 2020 dan menyelesaikan Pendidikan Strata 1 (S-1) pada Program Studi Teknik Elektro pada bulan oktober 2021 dengan Judul Tugas Akhir Teknologi Pendeteksian Rokok di Area Keluar dan Masuk Bandara Berbasis OpenCV Cascade. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Masud Abdur Rosyid



Adalah sebuah doa dalam bentuk nama. Dia menyebut dirinya sebagai penjaga titipan. Mengawali kehidupan nya di dunia pada tanggal 08 Juni 1999 di sebuah rumah persalinan di tengah kota Bogor yang sejuk. Dia Tengah mengisi umur yang sudah Allah titipkan untuk mengembangkan pikiran, gagasan dan pemahaman hidup yang luas, salah satu nya dengan menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN Cilendek 1 bogor, kemudian sekolah menengah pertama di SMP boarding school Tarbiyatun nisaa bogor, serta jenjang sekolah menengah kejuruan di SMK Penerbangan Angkasa Bogor, dan sekarang sedang menyelesaikan pendidikan stara 1-nya di Universitas Nurtanio Bandung dengan judul tugas akhir Pengembangan Software Teknik Noise Removal Point Cloud Data LiDAR dua dimensi untuk aplikasi Kendaraan Listrik Otonom dan saat ini sedang mengajukan paten. Masud sedang berusaha mendalami pengetahuan nya di bidang LiDAR dua dimensi, dan deteksi objek yang dilakukan di Universitas nurtanio yang tengah bekerja sama dengan BRIN(badan riset dan inovasi nasional). Dia juga tengah berusaha menjalani kehidupan nya denga cara dan tatacara yang baik, dengan harapan buah hasil yang baik pula. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Tubagus Saputra



Pemuda yang memiliki impian besar dalam bidang bisnis dan teknologi. Dia mengawali kehidupan di dunia dengan balutan cinta dan doa dari ayah dan ibu nya, lebih tepat nya pada tanggal 15 April 1999 dengan bantuan dari seorang bidan legendaris di Kota Tangerang. Dalam perjalananya untuk membangun ide dan gagasan, untuk mewujudkan impian nya, dia harus lebih banyak belajar tentang arti hidup dan kehidupan, karenanya dia menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 2 Tagog Apu , kemudian melanjutkan sekolah menengah pertamanya di SMPN 1 Padalarang , serta jenjang sekolah menengah kejuruan di SMKN 12 Bandung, dan sekarang sedang menyelesaikan pendidikan stara 1-nya di Universitas Nurtanio Bandung dengan judul tugas akhir Segmentasi Objek menggunakan Algoritma FCN ResNet dengan Nvidia Jetson dan Kamera 360 pada Sistem Autonomous Vehicle dan akan mengajukan paten. Tubagus berkeinginan kuat untuk melanjutkan studi master nya di manchester university, dengan jurusan computer science, untuk mengembangkan dan memberikan kontribusi dalam bidang teknologi untuk Indonesia. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Aprillia Damayanti



Perempuan yang lahir pada 06 April 1999 dengan selamat wal afiat di Ibu Kota Jakarta. April sedang mengisi waktu dengan mempelajari banyak hal tentang kehidupan yang mana makin hari teknologi semakin canggih, dia telah menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Dian Pertiwi pada 2011, lalu dilanjutkan sekolah menengah pertama di SMP 2 Solear pada tahun 2014, serta meneruskan di SMK Penerbangan Dirghantara Curug pada tahun 2017 di Tangerang dan sekarang sedang menyelesaikan Pendidikan di Universitas Nurtanio Bandung strata-1 dengan Judul Tugas Akhir “Analisis Perancangan Website pada Kendaraan Listrik Otonom" yang dilakukan di Universitas Nurtanio Bandung, disini April juga sedang mempelajari beberapa ilmu di bidang website dan turut serta bekerja sama dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Kegiatan penelitian ini bertemakan “Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Farhan Rachmad Hidayat



Pria yang biasa di panggil aan,han dan Farhan oleh teman teman terdekatnya,beliau memiliki hobi bermain sepak bola, futsal dan travelling. A Anak muda ini lahir di kota Pekanbaru pada tanggal 6 September 1999 dari pasangan ayah Hendri dan ibu Fatmi Rusli. Farhan mempunyai seorang adik perempuan bernama Firda Adinda dan kini beliau sudah melanjutkan pendidikan kuliah salah satu universitas swasta di provinsi Riau yaitu Universitas Islam Riau. Farhan merupakan seorang aktif baik dalam organisasi formal dan eksternal. Pada tahun 2005-2011, Farhan pertama kali masuk sekolah di SDN 121 Pekanbaru. Setelah lulus, Farhan melanjutkan pendidikannya ke SMP YLPI P. Marpoyan Pekanbaru pada tahun 2011-2014. Kemudian meneruskan sekolah di SMKN 2 PENERBANGAN BUKIT BATU di wilayah Bengkalis provinsi Riau pada tahun 2014-2017. Setelah itu melanjutkan ke jenjang pendidikan Universitas Swasta di Bandung yang bernama Universitas Nurtanio Bandung pada tahun 2017 dan sedang menyelasaikan tugas akhir dengan judul Sistem Tracking Autonomous Vehicle dengan Raspberry Pi Berbasis Website untuk mendukung Sistem Tracking Keamanan khususnya bagi Kendaraan Listrik Otonom dan saat ini sedang mengajukan paten. Farhan sedang berusaha mendalami pengetahuan pengetahuan nya di bidang website dengan menggunakan Raspberry Pi untuk mengetahui posisi kendaraan listrik autonomous yang di lakukan di Universitas Nurtanio yang tengah bekerja sama dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Farhan juga berusaha tengah menjalani dengan sebaik-baiknya,dengan harapan berbuah hasil yang baik pula. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Yusuf Suhaimi Daulay



Seorang Pemuda yang lahir ditanah Sumatra pada tahun 1997 dibulan Januari tepatnya di Padangsidimpuan. Pernah menimba ilmu di SDN 200110 Padangsidimpuan, kemudian melanjutkan ke sekolah menengah pertama di SMP N 1 Padangsidimpuuan, lalu melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan di kota Banda Aceh yaitu SMK Negeri Penerbangan Aceh, kemudian Menimba ilmu ditanah pasundan Sejak tahun 2017 di Universitas Nurtanio Bandung dengan mengambil jurusan Teknik Elektro dan sedang berupaya menyelesaikan pendidikan strata 1 dengan mengerjakan Skripsi yang berjudul "Metoda Pereduksi Derau Pada Pemrosesan Data LiDAR 2 Dimensi", Yusuf berupaya untuk memahami dan menguasai konsep kerja dan pemrosesaan data pada LiDAR untuk mendukung Universitas nurtanio yang tengah bekerja sama dengan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional). Semua ini dilakukan oleh Yusuf dengan harapan dapat membahagiakan orang tua dengan menjadi anak yang berguna kelak dikemudian hari. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Aulia Widya Prameswari



Perempuan kelahiran 09 September 1999 berasal dari sebuah keluarga sederhana di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Aulia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, satu-satunya anak perempuan di dalam keluarga, memiliki jiwa kuat dan juga aktif dalam organisasi yang diikutinya, bukan hanya dalam hal organisasi tetapi aulia juga mampu beradaptasi dengan lingkungan yang ada disekitarnya sehingga dapat menyelesaikan sekolahnya hingga sekarang. Aulia telah menempuh selama 6 tahun di SDN Sukabumi 4 Kota Probolinggo pada tahun 2012, di tahun yang sama melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di SMPN 5 Kota Probolinggo hingga lulus pada tahun 2015, kemudian menempa ilmu kembali di SMAN 1 Kota Probolinggo dan dinyatakan lulus pada tahun 2018. Keinginan menggapai cita-cita aulia begitu tinggi sehingga memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu berkuliah di Universitas Nurtanio Bandung pada tahun 2018, sekarang aulia masih berproses melakukan analisis pembuatan Tugas Akhir dengan judul “Research Civil Aircraft Model dengan MATLAB , ketertarikannya dalam hal menulis dapat membantunya dalam melakukan proses tersebut, hal itu sesuai dengan motivasi aulia yaitu Jadilah diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan “Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”, yang didanai oleh LPDP.


R. Aldam Dwi Fauzan



Lahir pada tanggal 17 Maret 1999 di kota Pekanbaru, Riau. Aldam merupakan seseorang yang menyukai kerapihan atau bisa disebut juga dengan OCD, yaitu terbiasa dengan kerapihan apabila ada sesuatu yang dirasa kurang rapih Aldam akan merapihkan dan membereskannya. Aldam lebih menyukai bekerja secara team work karena suka bersosialisasi. Aldam telah menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SDIP YLPI Pekanbaru, dilanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama di SMPIP YLPI Pekanbaru, dan Sekolah Menengah Akhir di SMK PENERBANGAN NUSANTARA (SPN) Ketaping, Padang. Kemudian melanjutkan perguruan tinggi di Universitas Nurtanio Bandung program studi Teknik Elektro dengan judul Tugas Akhir “Pembuatan database dengan python. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan “Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”, yang didanai oleh LPDP.


Nyoman Triyoga Arika Putra



Laki-laki yang terlahir di kota Dili pada tanggal 21 November 1998, Nyoman tumbuh dan besar di pulau Dewata. Sedari kecil Nyoman selalu suka berkomunikasi dengan orang baru sehingga Nyoman tumbuh menjadi orang yang suka bersosialisasi, hal ini membuat Nyoman sangat aktif di organisasi dan juga membuat Nyoman memiliki pemikiran bahwa dengan bersosialisasi kita bisa mendapatkan banyak pelajaran, pepatah mengatakan pengalaman merupakan guru terbaik, memang benar, tetapi kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Nyoman memiliki motto hidup Believe in karma, karena semakin kita percaya dengan karma semakin sering kita akan berbuat baik dan menjauhi hal-hal yang bersifat jahat. Nyoman telah menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di SDN 28 Dangin Puri, dan melanjutkan ke SMP Dwijendra Denpasar, dan menyelesaikan sekolah menengah atas di SMAN 7 Denpasar. Kemudian ke perguruan tinggi Universitas Nurtanio Bandung dengan mengambil Program Studi Teknik Elektro yang terfokus ke penerbangan karena sejak kecil Nyoman memiliki ketertarikan di bidang penerbangan. Sekarang Nyoman sedang melakukan penelitian tentang GPS sebagai proses pembuatan tugas akhir yang berjudul "GPS Tracking”. Semakin dalam Nyoman mempelajari GPS semakin besar pula ketertarikannya pada penelitian tersebut. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Frans Dhito Putra Dirgantara



Laki laki yang lahir pada tanggal 12 Mei 2000 di Kota Malang, Jawa Timur. Frans merupakan anak tunggal dari keluarga sederhana yang tinggal di Kota Sidoarjo, Jawa Timur. Frans adalah orang yang aktif dibidang akademik maupun non akademik, sehingga membuat Frans dapat beradaptasi pada sekitarnya dan hal ini membuat Frans mampu bekerja secara tim maupun individual. Frans memiliki motto hidup Life is a Game yang memiliki makna jalankanlah kehidupannmu dengan serius namun juga santai. Frans telah menempuh selama 6 tahun di SDN 1 Pabean Kota Sidoarjo dan lulus pada tahun 2012, ditahun yang sama melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di SMPN 1 Sedati Kota Sidoarjo dan dinyatakan lulus pada tahun 2015, dan menyelesaikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Penerbangan Dharma Wirawan di Kota Sidoarjo dengan jurusan Electro Avionic pada tahun 2018. Kemudian Frans menempuh pendidikan lanjutan Perguruan Tinggi di Universitas Nurtanio di Kota Bandung dengan jurusan Teknik Elektro pada tahun 2018. Sekarang Frans masih dalam proses dalam menempuh perkuliahannya dan sedang melakukan penelitiannya untuk Tugas Akhir tentang "Light Radio Detection and Ranging (LIDAR)" bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berkerja sama dengan Universitas Nurtanio. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom” dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom”, yang didanai oleh LPDP.


Mohammad Isro Ardiansyah



Adalah seorang laki yang dilahirkan dari sebuah keluarga sederhana di suatu daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di kota Mataram Pada tanggal 24 November 1999, isro bisa dibilang anak yang berbakti kepada orang tua karena dia mengemban beban pendidikan diluar pulau sejak saat Sekolah Menengah Atas, Isro menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar di SDN 37 Ampenan pada tahun 2012, dilanjutkan Pendidikan Sekolah Pertamanya di SMPN 6 Mataram pada tahun 2015, Kemudian meneruskan pendidikannya di Sekolah Menengah Kejuruan SMK PENERBANGAN DHARMA WIRAWAN di Sidoarjo dan berhasil lulus pada tahun 2018, Setelah itu melanjutkan Pendidikan tingginya di Universitas Nurtanio Bandung hingga saat biografi ini dibuat, dan saat ini isro sedang menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul "(Simantic Segmentasi With Deep Learning menggunakan kamera Flir)". di samping itu Isro juga turut serta dalam melakukan penelitian yang dilakukan di universitas nurtanio yang bekerjasama dengan BRIN (Badan Riset Dan Inovasi Nasional) mendalami Segmentasi menggunakan kamera Flir, atau Pendeteksian objek berbasis kamera thermal. Kegiatan penelitian ini bertemakan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Tri Mulyana



Adalah putri ke tiga dari tiga bersaudara yang lahir pada 06 Mei 1999 di dusun Tanah Periuk, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Pendidikannya dimulai dari menyelesaikan sekolah dasar di SDN 28/II Tanah Periuk pada tahun 2011. Selanjutnya, tiga tahun kemudian (2014) dapat menyelasaikan pendidikan menengah pertamanya dari SMPN 4 Tanah Sepenggal, dan pada tahun 2017 siswi yang memiliki jiwa kuat dan juga aktif dalam berorganisasi ini menyelesaikan pendidikan menengah atasnya dari SMK Teknologi Penerbangan Jambi. Keinginan menggapai cita-citanya begitu tinggi sehingga pada tahun 2017 memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Jurusan DIII Listrik Pesawat Universitas Nurtanio Bandung, dan lulus pada tahun 2021. Saat ini mahasiswi yang gemar berenang, dan memiliki motto hidup Jangan Pernah menyerah apapun yang orang katakan tentang mu, tetaplah menjadi diri sendiri untuk menjadi pribadi yang baik ini sedang menyelesaikan pendidikan Sarjananya di bidang Teknik Elektro. Sambil menyelesaikan studinya Tri juga bergabung pada projeck penelitian Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom dan Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek Dan Telekomunikasi Untuk Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.


Serianto Zakwan



Lahir di Makassar 06 juni 1998, Provinsi Sulawesi Selatan. Memiliki nama pena Zakwan dengan motto hidup Keep Fighting and Never Quit, seorang laki-laki berkepribadian koleris yang terkadang plegmatis yang memiliki hobi membaca buku dan travelling. Zakwan menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SD Impres 12/79 Mulanmenree pada tahun 2010, dilanjutkan Pendidikan Sekolah Menengah pertamanya di Mts at. Tarbiya islamiya di kabupaten kolaka Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2013, kemudian meneruskan Pendidikan di SMKN 01 lambandia pada tahun 2016, saat ini tengah menempuh Studi Diploma tiga di Universitas Nurtanio Bandung, dan mengambil konsentrasi di bidang kelistrikan pesawat terbang. Sekarang zakwan sedang berproses Menyusun Tugas akhir dengan judul “Pengendali Volume Suara Computer dengan menggunakan Gestur Jari”. Zakwan juga bergabung pada projeck penelitian “Pengembangan Sistem Pendeteksian dan Pengenalan Objek untuk Aplikasi Kendaraan Listrik Otonom dan “Pengembangan Sistem Pendeteksian Objek dan Telekomunikasi untuk Kendaraan Listrik Otonom, yang didanai oleh LPDP.